FESTIVAL GEROBAK SAPI ROAD TO 2017


FGS road to 2017 adalah merupakan uji coba konsep baru FGS  yg akan di terapkan pada Festival Gerobak Sapi ke-5 pada Juli 2017 nantinya.

Acara ini di selenggarakan bekerja sama dengan PT Taman Wisata Candi Prambanan serta didukung penuh oleh Dinas Pariwisata DIY dan dilaksanakan pada Minggu, 27 November 2017 pukul 08.30-11.00 di lapangan sepak bola komplek kantor TWC Prambanan.


Road to Festival Gerobak Sapi dilaksanakan dengan dasar rahan dari Gubernur DIY Ngarso Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X. Pada saat dialog dengan para bajingan saat festival gerobak sapi ke 4 di Bantul,. Sri Sultan memberikan saran hendaknya pada event yang kelima yang akan diselenggarakan pada bulan Juli 2017 dan direncanakan pula di seputaran candi Prambanan, gerobak sapinya di desain semenarik mungkin dengan melibatkan para perupa Yogya dan dipadukan performance art. Tujuan akhirnya adalah event ini lebih atraktif dan lebih banyak menyedot penonton atau wisatàwan baik dari dalam dan luar negeri. Pun juga event ini menjadi andalan pariwisata DIY. Dalam arti pula, kalau ada yang ingin melihat gerobak sapi ya hanya ada di DIY.


Berdasarkan arahan tersebut FGS mengubah konsep penyelenggaraan dengan menggandeng sekitar 15 perupa Yogya yang tergabung dalam sanggar Sejati yang selama kurang dari 1 bulan menggarap gerobak sapi utk dimodifikasi. Selain itu, FGS juga menggandeng paguyuban seni yg bermarkas di dusun Sono, Wedomartani untuk menampilkan tarian yang mengisahkan kehidupan petani, dan juga menggandeng siswa-siswa SD Model Sleman untuk menunjukkan kebolehannya dalam menarikan tarian dolanan bocah yg berbasis tradisi.


Karena event kali ini merupakan uji coba konsep baru yg akan di terapkan pada Festival Gerobak Sapi ke 5 pada Juli 2017. Boleh jadi masih ada kekurangan, karena itu FGS terbuka menerima saran.



0 komentar:

Posting Komentar

 

Twitter Updates

Facebook