Kemeriahan FGS 2014



FGS 2014 Adalah penyelenggaraan FGS ke-2 yang dilakukan di Lapangan Utara Stadion Maguwoharjo, Sleman pada tanggal 23-24 Agustus 2014. 

FGS2014 dibuka pada Sabtu, 23 Agustus 2014 pukul 15.00 oleh Ibu Wakil Bupati Sleman Ibu YUNI SATIA RAHAYU dan dihadiri oleh tamu-tamu undangan dari berbagai kalangan. Kemeriahan audience yang menyemut ikut mensukseskan prosesi pembukaan FGS 2014.

Rangkaian acara FGS 2014 hari I ini dimeriahkan juga oleh pesta kesenian tradisional seperti Jathilan anak, Tari Badui, dolanan anak, hiburan sulap, panggung musik keroncong dan ketoprak ringkes JAMPI PUYENG yang mengocok perut yang berlangsung hingga pukul 03.00 WIB.

Sementara pada Minggu, 24 Agustus 2014, FGS 2014 dibuka langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X. 


 Sejak pagi masyarakat dan penonton tampak antusias memadati arena berlangsungnya FGS 2014. Sebanyak 200 gerobak sapi berkumpul untuk mengikuti karnaval, lomba custom dan lomba off road.


Ngarso dalem sangat antusias dengan kemeriahan FGS 2014. Menurut Ngarso Dalem, Beliau sungguh kagum dengan semangat untuk melestarikan keberadaan gerobak sapi ini
Disampaikan Sri Sultan bahwa diharapkan dengan digelarnya Festival Gerobak Sapi untuk keduakalinya, bisa mengarah kepada pengelolaan lebih baik. “Semoga peritiwa seperti ini mermbawa manfaat sebagai salah satu atraksi budaya. Selain itu diharapkan bisnis sapi juga meningkat dan mengangkat harga sapi lokal,” sambung beliau.

Hal yang diharapkan Ngarso Dalem adalah paguyuban profesi lain dapat ikut bergabung dengan paguyuban Gerobak Sapi se DIY ini. “Ini akan sangat menbawa manfaat bagi masyarakat sebagai kendaraan tradisional di masyarakat,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Sultan juga berkenan mengukuhkan pengurus baru Paguyuban Gerobak Sapi DIY yang ditandai dengan penyerahan “pecut” (cambuk sapi) kepada ketua terpilih Slamet. “Selamat kepada pengurus baru, semoga bisa mendorong kreatifitas pengemudi gerobak dan mendorong harga sapi lebih baik,” katanya.

Selanjutnya Sri Sultan melambaikan bendera start untuk melepas 200 gerobak sapi hias melakukan karnaval sepanjang kurang lebih 4 km. 200 gerobak sapi karnaval dihias dengan berbagai hiasan yang menarik dan terbuat dari hasil-hasil perkebunan dan sawah seperti padi, singkong, jagung, dan berbagai jenis sayuran. Satu persatu gerobak sapi melanggang melewati rute sejauh sekitar empat kilometer di wilayah Kecamatan Depok.


Gerobak karnaval menjadi tontonan yang sangat menarik bagi masyarakat sekitar jalur yang dilewati bahkan di kawasan ringroad mobil-mobil menyempatkan berhenti/membuka kaca mobilnya untuk sekedar memotret gerobak sapi yang melintasi zaman ini

Gerobak karnaval menjadi tontonan yang sangat menarik bagi masyarakat sekitar jalur yang dilewati bahkan di kawasan ringroad mobil-mobil menyempatkan berhenti/membuka kaca mobilnya untuk sekedar memotret gerobak sapi yang melintasi zaman ini

 
FGS 2014 dimeriahkan dengan rangkaian lomba bagi gerobak sapi termasuk lomba custom gerobak sapi, lomba gerobak sapi hias, dan lomba offroad. Sementara untuk masyarakat umum berbagai lomba juga diadakan seperti lomba foto profesional, lomba selfie, dan lomba desain grafis. 

Secara umum penyelenggaraan FGS 2014 berlangsung meriah. FGS 2014 berharap dengan berlangsungnya event ini dapat menumbuhkan kecintaan kita kepada gerobak sapi sebagai lambang budaya. Transportasi tradisional yang unik, sarat nilai budaya, mengandung nilai sejarah dan perjuangan, serta tak lekang dimakan zaman.



0 komentar:

Posting Komentar

 

Twitter Updates

Facebook